Senin, 08 April 2013

Cara Mengatasi Kacer Mbagong


Oleh: Om Ari Putra

Banyak sekali resep dari teman2 sehobi tentang kc mbagong, baik itu yg pernah diulaskan'y di fb atau diblogger. Maka dari itu saya ingin coba2 memberikan resep untuk mengatasi kc mbagong, tapi saya harap apa bila dari teman2 tidak meyakini resep dari saya Tolong/mohon dengan sangat jgn jadikan suatu kontroversi yg berdampak negatif, tapi berikanlah suatu tambahan atau masukan yang sangat membantu.
Pada burung petarung seperti kc birahi dan amarah adalah dua sifat yg berbeda tpi satu, dimana ada birahi disitu ada amara, se iya selangkah se ayun dan se kata mereka tidak dpat dipisahkan.. Jadi kesimpulan'y semakin tinggi birahi pada kc semakin tinggi pula amarahnya.. Maka pandai2lah dalam setelan ef'y, bicara untuk ef tidak ada ilmu pastinya..
Kacer yang mbagong karena tingkat birahi/amarah yg level'y tinggi selain mengawinkan'y mandi malam adalah cara yg ampuh untuk menurunkan'y, caranya : msukkan kc dalam keramba yg diisi air seperti mana biasanya lalu biarkan semalaman dia dalam keramba, masukkan vour'y tpi air minum jgn dimasukkan dgn sarat air dalam keramba diisi penuh..Tempatkan keramba tsb pada suhu yg dingin sprti didalam kamar mandi.. Siang harinya burung full kerodong, jemur cukup 30 mnt itupn tetap dikerodong.. Lakukan ini 2 mggu stlah habis masa 2 minggu coba ditrek, sebelum ditrek berikan kc tsb 1 ekor jangkrik saja.. Cara ini biasanya ampuh.
Jgn pernah mempertemukan kacer anakan baik itu trotolan/piyik dengan kacer betina.
Burung kacer adalah burung yg sedikit mengandung mineral dalam tubuh'y sehingga mineral yg sedikit itu tidak mencukupi. Itulah maka'y karakter dasar burung kc mbagong karena kekurangan zat mineral.
Hanya ada dua spesis burung yg memiliki sedikit kandungan mineral dalam tubuhnya yaitu kacer dgn murai batu, maka hanya ada 2 spesis burung yg mbagong yaitu kacer dan murai batu. Tidak pernahkan kita dengar atau kita temui CI, KT, CB, CL, LB dan lain sebagainya yg mbagong,,? Itu karena zat mineral yg ada dalam tubuh burung yg nonmbgong tercukupi atau lebih.. Maka kita sebagai pemilik kc atau mb berikan sesuatu pakan yg memiliki kandungan mineralnya untuk sido'i.. Ada suatu cara yg gampang yg baru2 ini saya coba yaitu mencampurkan pasir laut kedalam minuman burung, caranya: dtangi pantai lalu ambil pasir laut dan air lau tsb lalu masukkan ke dalam botol, pasir yg akan diambil ialah pasir yg sllu kena genangan air laut, jgn pasir yg tidak kena air laut atau pasir yg jauh dari pantai.. Masukkan pasir satu sendok makan kedalam air minum'y dan masukkn juga air laut 1 atau 2 sendok teh..Mudah2an bisa membantu dan harap di koreksi sedetail mungkin. Salam Kicau Mania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar